Pages

Monday, March 25, 2013

Tips Pertolongan Pertama Saat Serangan Jantung ketika Sendirian



Masih ingat dengan kematian salah satu artis sekaligus komentator sepakbola Ricky Jo beberapa saat yang lalu? Begitu sehari setelah kabar Om Ricky Jo meninggal dunia karena serangan jantung, tersebar broadcast tentang tips pertolongan pertama saat serangan jantung ketika sendirian di BBM. Mungkin anda juga mendapat broadcast'an semacam itu juga. Karena bermanfaat, saya coba tuliskan di sini.

 Banyak orang yang sendirian saat mereka mengalami serangan jantung. Orang yang sedang terkena serangan Jantung, Jantung orang tersebut akan berdetak dengan irama yang abnormal (tidak seperti biasanya) dan kemudian dia akan mulai terasa seperti ingin pingsan dan hanya memiliki waktu sekitar 10 detik  tersisa sebelum benar-benar kehilangan kesadaran 

Namun, sebenarnya para korban serangan jantung dapat membantu diri mereka sendiri setidaknya hingga bantuan medis datang dengan cara berikut :


  • Batuk berulang-ulang dengan dalam dan sekuat tenaga

Jika tiba-tiba jantung anda berdegup kencang cobalah untuk batuk berulang-ulang dengan dalam dan sekuat tenaga.Pada setiap sebelum batuk ambilah napas yang panjang sehingga batuk yang dihasilkan terasa dalam dan panjang seperti ketika kita berusaha mengeluarkan dahak jauh di dalam dada. Lakukan hal ini berulang-ulang setiap dua detik sambil menunggu bantuan tiba atau sampai jantung anda terasa normal kembali.


  • Ambilah napas yang dalam disertai dengan gerakan menekan jantung

Ambilah napas yang dalam disertai dengan gerakan menekan jantungkarena dengan hal ini akan membantu oksigen masuk ke dalam paru-paru anda lebih banyak dan dan membuat darah beredar lebih lancar. Tekanan meremas pada jantung tersebut membantu jantung berdegup kembali ke irama normal.

Dengan cara ini, korban serangan jantung bisa bertahan sambil menunggu bantuan sampai ke rumah sakit. Bagikan dengan orang lain sebanyak mungkin tentang hal ini. Karena kita tidak pernah tau kapan serang jantung akan datang dan semoga ini bisa menyelamatkan nyawa kita semua! Jika semua orang yang melihat posting ini berbagi dengan 10 orang lainnya, berarti setidaknya Agan sudah menyelamatkan satu nyawa

No comments:

Post a Comment