Pages

Monday, March 25, 2013

STOP Merokok Part 1


Indonesia memang salah satu negara dengan jumlah perokok yang sangat besar di dunia. Hal itu dikarenakan di negara ini tak ada undang - undang yang melarang warganya untuk merokok sob, maka dari itu sudah bukan barang aneh kalau kita menemukan orang sambil naik motor atau mobil di jalan sambil merokok, di tempat - tempat makan atau tempat umum lainnya masih banyak ditemukan perokok, bahkan banyak mahasiswa bebas merokok di kampus (pengalaman sendiri sob).

Ada yang ngerokok dan tentu aja ada yang gak ngerokok, dan yang menjadi korbannya adalah mereka yang  ngerokok atau disebut juga perokok pasif. Padahal perokok pasif itu bahayanya lebih besar daripada perokok aktif itu sendiri. Jadi mendingan jadi perokok aktif daripada pasif  saja kalau gitu kan hahahaha....
Mayoritas perokok pasif yang aktif memprotes perokok aktif yang notabene cowok adalah cewek. Asal tahu saja sob, cewek yang baik itu sudah pasti benci banget yang namanya rokok. Mereka pasti gak memperbolehkan pacarnya bahkan suaminya  ngerokok, nah loo...
Ente mau ngecengin cewek jadi ciut kan kalau mulutnya bau rokok..hahahaha.

Pengalaman saya aja nih, saya perokok sob tapi itu dulu, sekarang dikit-dikit ngurangin. Itu juga waktu masih sama pacar, kalau sekarang jomblo...curhat kan jadinya. Doi gak tau kalau saya ngerokok, saya juga bohong sih soalnya kalau ditanya. Waktu itu lagi kumpul - kumpul bareng temen-temen tiba-tiba doi dateng dan parahnya ngeliat saya ngerokok, DUUAARRR!!!! Kejutannya asbak yang penuh abu dan puntung rokok langsung melayang ke kepala saya sob! Mengerikaaaaan..!!! itu contoh aja sih gimana murkanya cewek kalau cowoknya ngerokok. Tapi sekarang saya kaya sedikit-sedikit mengurangin ngrokok. Alesannya simple saja sih, kalau main futsal atau jogging gak kuat kalau lama-lama. Selain itu biar sehat aja sih sob.

Ada hal penting yang gak banyak orang sadari dan anda yang pertama saya kasih tau loh. Dengan merokok, berarti kita telah dijadikan BUDAK TEMBAKAU oleh bangsa-bangsa barat. Nah kok bisa? gini sob, negara-negara barat melihat negara berkembang seperti Indonesia ini sebagai ladang uang mereka. Mereka gencar-gencarnya menjual rokok mereka di sini karena ya di Indonesia rokok itu gak dilarang sob, sementara di negara barat aturan ngrokok itu ketat banget. Ngalir deh uang kita ke kantong mereka...padahal mereka jual rokok itu dengan harga 2x lipat dari harga produksi per batangnya.Hhmmmmm...

Sebagai reward atas "kesetiaan" kita ngerokok, mereka ngadain konser musik dengan gak tanggung-tanggung ndatengin band atau penyanyi top luar negeri. Baik banget ya... tapi pasti disuruh beli rokoknya dulu kan. Anak muda itu gak bisa jauh sama yang namanya musik, nah dari situ para anak muda seumuran SMP SMA udah terpengaruh iklan rokok, apalagi kalau mau beli rokok saking gampangnyakan, ngeteng juga banyak. Perhatiin aja tuh jam-jam pulang sekolah di terminal, di pinggir jalan...anak sekolahan udah ngerasa ganteng aja nongkrong sambil ngerokok.

Sebenarnya saya baru aja liat video dokumenter dari negara barat tentang rokok, parahnya yang jadi subjeknya tuh negara kita sob. Kaget kan, saya apalagi... Salah satu yang mendorong saya punya niat berhenti ngerokok ya itu. Nah ringkasan dari video itu ya yang anda baca dari atas tadi. Cari aja di youtube pasti ada kok.
Selain itu, mentingin kesehatan diri sendiri aja sih... Gak perlu dijelasin juga kan, di internet udah banyak info tentang bahaya merokok. Emang gak bisa instan brentinya, butuh proses dan tentunya niat tulus dan suci, cieeeeee..... 

Healthy Life is a Better Life sob!





No comments:

Post a Comment